Melatih Titik Fokus Disaat Meditasi Untuk Mencapai Ketenangan Luar biasa

Melatih Titik Fokus Disaat Meditasi – Yang dimaksud dengan titik fokus adalah sasaran dalam proses meditasi. Meditasi merupakan proses pemusatan pikiran terhadap sesuatu (obyek) yang diinginkan. Jadi setiap melakukan meditasi pasti ada suatu sasaran yang dituju. Untuk itu sebelum melangkah dan membahas lebih jauh mari kita pahami beberapa uraian di bawah ini.

Kategori meditasi menurut kebutuhan dibagi menadi dua, yaitu :

  • Meditasi bertujuan mencapai ketenangan.
  • Meditasi bertujuan mencapai pandangan terang.

Apa yang dimaksud dengan meditasi bertujuan untuk mencapai ketenangan?

Meditasi bertujuan untuk mencapai ketenangan adalah usaha melatih dan memfokuskan pikiran agar tercapai sebuah ketenangan batin. Yang dimaksud pemusatan pemikiran adalah dimana semua bentuk di kendalikan oleh batin kemudian dikumpulkan dan di fokuskan dalam satu titik atau obyek. Maka dengan pemusatan ini semua keadaan pikiran tidak berhamburan, karena pada umumnya semua pikiran itu berhamburan tidak karuan ke semua penjuru jika fokus tidak terlatih.

Benar sekali, dalam proses kali ini anda akan melatih pikiran untuk berusaha fokus, namun yang Anda jumpai tidak semudah yang dibayangkan, akan banyak kendala yang mengganggu. Keberhasilan akan tercapai jika Anda sabar dan terus melatih dengan benar. Berlatihlah setingkat demi setingkat, berusahalah sebaik mungkin untuk mengendalikan agar semua itu bisa difokuskan dalam satu titik.

Apakah tujuan mengembangkan pemusatan pikiran itu?

titik fokusDalam proses dan melatih pikiran ini maka yang Anda capai adalah mendapatkan ketenangan dan keseimbangan batin. Bahkan ketika Anda berhasil melakukan ini adalah Anda bisa menghilangkan kebiasaan melamun, hal inilah yang menghabiskan tenaga tanpa arah dan tidak berguna. Namun ketenangan yang dihasilkan dari proses meditasi bukanlah tujuan akhir, namun ketenangan pikiran inilah salah satu keadaan yang diperlukan untuk berkembang serta mengembangkan pada pandangan terang. Intinya, ketenangan pikiran tadi menjadi mutlak sangat diperlukan untuk mendapatkan akan kebenaran diri sendiri dan dunia ini.

Meditasi dengan tujuan ketenangan ini sebenarnya melatih pikiran kesedemikian rupa dalam tingkat konsentrasi yang biasa disebut dengan “Jhana” yang dipercaya sebagai pengembangan pada tingkat kesaktian atau kekuatan batin. Namun ini bukanlah tujuan utama, jika di ingat akan kebutuhan kedigdayaan di era modern ini sangatlah tidak sesuai. Yang menjadi problem utama pada diri adalah pikiran sering berlompat-lompat, maksudnya adalah sering memikirkan problem saat itu, kemudian meloncat ke masalah lain, masalah yang lewat sekarang kemudian meloncat ke masalah yang dahulu kala. Ini lah yang menjadikan otak menjadi kalut, meghabiskan banyak tenaga yang tidak ada hasilnya.

Yang kita perlukan untuk mengatasi ini bukan memaksa harus punya konsentrasi tingkat tinggi. Cukup konsentrasi saja apa yang Anda lakukan saat ini, ketika Anda sedang membaca mandi, berjalan, mengendari kendaraan sehari-hari, usahakan SELALU SADAR dengan apa yang Anda lakukan.

Usahakn pikiran tenang, konsentrasi dengan apa yang Anda lakukan saat itu, sellau pustkan dan belajarlah kepada tugas atau aktivitas yang sedang Anda hadapi. Dengan istilah laih lain HIDUPLAH SAAT SEKARANG INI DAN SADARLAH DENGAN SEMUA YANG ANDA LAKUKAN SAAT ITU JUGA.

Jika Anda ingin mengembangkan tingkat konsentrasi yang harus dilakukan pertama kali adalah usahakan utuk selalu mendapatkan obyek yang sesuai agar mendapatkan memperoleh pikiran rileks, tenang serta konsentrasi dengan cepat.

Ada banyak sekali macam obyek konsentrasi, bahkan para ahli meditasi mengatakan ada 40 macam obyek. Anda boleh memilih salah satunya saja yang sekiranya Anda sesuaikan dengan kepribadian Anda. Jikalau Anda tidak mendapatkan guru untuk memilihkan satu obyek maka ikutilah petunjuk dibawah ini :

titik fous

Obyek yang kamu pilih harus netral. Apabila obyek yang Anda pilih mengandung energi negatif seperti sedih, serakah, nafsu, keragu-raguan, benci dan sebagainya maka bisa dikatakan sebagai mengacaukan pikiran Anda bukan menenangkan.

Obyek yang dimaksud kadangkala terdapat pada diri sendiri, seperti misalnya : cinta kasih, pernafasan, belas kasihan dan lainnya. Atau ada obyek diluar diri seperti : tanah, warna, bunga dan lain-lain.

Objek yang harus menjadi pusat konsentrasi adalah yang menyenangkan serta dapat diterima akal pikiran. Jikalau objek tersebut tidak di terima oleh akal pikiran maka konsentrasi menjadi lemah.

objek yang dilakukan dalam meditasi tidak selamanya memberikan efek positif, kebiasaan objek yang terbiasa itu akan kacau jika sebelum melakukan meditasi Anda sehabis marah, galau dan sebagainya. Pada asat itu hendaklah marah menjadi obyek konsentrasi, renungkan sejenak problem Anda, atur nafas dalam-dalam, pikirkan solusi dan tenangkan hati serta pikiran. Maka dengan teknik ini Anda akan terangkat dari semua problem dan pikiran menjadi terang benderang. Ingat, jangan tenggelam dari masalah, cobalah sebelum meditasi renungkan serta tenangkan kemudian ambil solusi lalu meditasi dengan fokus satu titik maka hati pijiran menjadi fresh lagi.

Semoga uraian di atas bisa menjadikan manfaat bagi Anda semua. Ingat, berkaitan dengan obyek meditasi ini perlu adanya latihan terus menerus, usaha dan usaha, jangan cepat putus asa dan berhenti di tengah jalan. Sampai bertemu di artikel kami berikutnya.

 

2,141 total views, 2 views today